SPI PTKIN se-Indonesia Timur Ikuti IHT Audit Kinerja di IAIN Kendari

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Satuan Pengawas Internal (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan In House Training (IHT) audit kinerja di Aula Perpustakaan IAIN Kendari. 

Kegiatan berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan narasumber Taufik Kurrohman, S.E., M.SA, Ak. Ph.D Auditor dari Universitas Jember, Jawa Timur. 

IHT diikuti oleh Satuan Pengawas Internal Wilayah Indonesia Timur. Saat membuka kegiatan, Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag menyampaikan apresiasi kegiatan yang diselenggarakan SPI IAIN Kendari.

Menurutnya, peningkatan kapasitas SDM SPI melalui training seperti ini sangat penting sebab mengingat kewenangan dan peran SPI yang sangat besar dalam  pengawasan pelaksanaan anggaran negara. 

“Keuangan, kepegawaian dan fasilitas yang ditangani oleh SPI adalah hal-hal yang sangat sensitif, maka menjadi mutlak SPI harus diberdayakan dan diperhatikan,” ucapnya. 

Lanjut Rektor menganalogikan tugas dan tindakan Preventif SPI selaras dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang selalu mencegah pelanggaran terhadap regulasi yang berlaku.

“Untuk itu keberadaan SPI ini sangat membantu institusi agar kita tetap berada pada koridor dan rel yang sesuai,” singkatnya. 

Rektor berharap kegiatan In House Training agar sering dilakukan dalam rangka merefresh pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pengawasan. 

Ditempat yang sama Kepala Satuan Pengawas Internal, Dr. Sukadir Kete, M.Pd menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam rangka penguatan SPI di wilayah Timur Indonesia. 

“Harapannya kegiatan ini tidak hanya sekedar menambah ilmu tetapi lebih kepada penguatan eksistensi SPI dalam menjalankan fungsi pengawasan di masing-masing satuan kerja,” tuturnya. 

Selain penguatan unit kerja SPI, kegiatan ini juga bertujuan menambah referensi dan pemahaman para pelaksana kegiatan di lingkup IAIN Kendari terkait regulasi pelaksanaan anggaran serta peran dan fungsi SPI pada satuan kerja perguruan tinggi. (**)

Comment