Mundur Dari Caleg DPR RI, Ketua Gerindra Sultra Maju Caleg DPRD Provinsi

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Ady Aksar mengundurkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pemilihan (dapil) Sultra.

Sekretaris DPD Gerindra Sultra, Safarullah membenarkan pengunduran diri Andi Ady Aksar. Katanya, Andi Ady Aksar mengundurkan diri dari caleg DPR RI dan lebih memilih maju sebagai caleg DPRD Provinsi Sultra dapil VI yang meliputi Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan.

“Ketua maju ke caleg DPRD Sultra dalil VI nomor urut 1. Untuk memperkuat dapil VI Sultra, agar target perolehan kursi dapat tercapai,” kata Safarullah lewat pesan whatsapp messenger, Jumat (6/10/2023).

Dikatakan, posisi Andi Ady Aksar di komposisi daftar caleg DPR RI digantikan oleh anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Sultra, Marsekal Muda (Marsda) TNI (Purn), Laode Barhim.

Safarullah menyebut, masuknya Barhim sebagai caleg DPR di Partai Gerindra untuk memperkuat suara partai besutan Prabowo Subianto itu di wilayah kepulauan. Sebab seluruh caleg Partai Gerindra untuk DPR RI berasal dari wilayah daratan.

“Pak Barhim kan orang kepulauan. Jadi dengan pertimbangan ini, maka pak Andi Ady Aksar memilih untuk mundur agar pak Barhim dapat masuk untuk mewakili kepulauan,” ujarnya.

Meski begitu, di daftar caleg DPR RI Partai Gerindra, Barhim mendapat nomor urut 3. Sementara nomor urut 1 yang ditinggalkan oleh Andi Ady Aksar diisi oleh istri dari Ketua DPD Gerindra tersebut yakni Desy Indah Rahmat.

“DPP (Dewan Pimpinan Pusat) memutuskan ibu Desy Indah Rahmat (istri ketua DPD) di nomor 1, sementara pak Barhim di nomor 3. Itu sudah ada SK-nya dari DPP,” pungkas Safarullah.

Berikut komposisi caleg DPR RI Partai Gerindra dapil Sultra

  1. Desy Indah Rahmat;
  2. Bahtra;
  3. Marsda TNI (Purn) Laode Barhim;
  4. Benyamin Patondok;
  5. Dini Rahmawati;
  6. Armal.

Comment