LP2M IAIN Kendari Gelar Pelatihan Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan pelatihan penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus di Aula Perpustakaan IAIN Kendari.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Komisioner Komnas Perempuan, Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D dan Dr. Sartiah Yusran, M.Ed.,Ph.D yang diikuti mahasiswa dari masing-masing fakultas. 

Mewakili Rektor IAIN Kendari, dalam sambutannya saat membuka kegiatan Wakil Rektor II IAIN Kendari, Dr. Nurdin menyampaikan, kegiatan pelatihan penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus ini penting untuk diikuti dan diperhatikan secara saksama utamanya bagi perempuan. 

“Langkah yang diambil oleh LP2M untuk melaksanakan kegiatan hari ini perlu diapresiasi. Manfaat kegiatan ini sangat luar biasa untuk institusi juga bagi mahasiswa yang mengasah untuk bersikap dewasa kepada lawan jenis,” katanya. 

Ditempat yang sama Prof. Alimatul Qibtiyah mengungkapkan, sosialisasi penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di lingkungan kampus tidak hanya dilakukan kepada mahasiswa namun juga dilakukan ditingkat dosen dan lainnya. 

“Bukan hanya mahasiswa tapi juga dosen harus paham terkait hal ini. Artinya sosialisasi ini menjadi kebutuhan kita bersama,” ucapnya. 

IAIN Kendari yang menjadi salah satu entitas keislaman menjadi corong dakwah sejak dalam pikiran dan berprilaku untuk mencegah kekerasan seksual. 

“IAIN Kendari segera bertindak untuk menjadikan kampus di Indonesia berkelas dunia karena mereka dipastikan memiliki infrastruktur yang jelas terkait pencegahan dan penangan kekerasan seksual di dalamnya,” pungkasnya. (**)

Comment