Kunjungi Kantor KPU, Kapolres AKBP Sulastri Bahas Soal PSU Pemilu 2024

MALUKU, EDISIINDONESIA.id – Pada hari pertama berkantor sebagai Kapolres Pulau Buru, AKBP Sulastri Sukijang langsung melakukan kunjungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru dan memantau rekapitulasi perhitungan suara tingkat PPK Kecamatan Namlea.

Kunjungan ini dilakukan, di Kantor KPU Kabupaten Buru dan Kantor PPK Namlea, Kota Namlea, Kabupaten Buru, Maluku, Selasa (20/2/2024).

Dalam kunjungan Kapolres Buru AKBP Sulastri Sukidjang didampingi Kabag Ops Polres Buru Kompol Uspril W Futwembun, dan disambut Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole dan Ketua Bawaslu Kabupaten Buru, Fatih Haris Thalib.

Kapolres Buru dengan Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Buru membahas terkait rekomendasi PSU yang telah disampaikan oleh Bawaslu Kabupaten Buru kepada KPU Kabupaten Buru.

Koordinasi yang dilakukan oleh Kapolres Buru yakni bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang akan dilakukan oleh pihak KPU terkait rekomendasi PSU pada beberapa TPS yang telah disampaikan oleh Bawaslu Kabupaten Buru kepada KPU Kabupaten Buru.

Bahwa pihak KPU setelah menerima rekomendasi PSU dari Bawaslu akan mengkaji sekaligus melakukan Investigasi lapangan terhadap TPS-TPS yang telah direkomendasikan oleh Bawaslu Kabupaten Buru contohnya seperti meminta keterangan dari KPPS maupun petugas TPS lainya yang saat itu bertugas di TPS-TPS tersebut.

Setelah KPU Kabupaten Buru telah melakukan Investigasi Lapangan dan terdapat bukti pelanggaran pada saat pencoblosan maka KPU Kabupaten Buru memutuskan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada TPS yang telah di rekomendasikan.

Sementara rekomendasi Bawaslu Kabupaten Buru untuk dilakukan PSU yakni TPS 1,2,3 Desa Waprea Kecamatan Waplau TPS 4,5,6 Desa Waplau Kecamatan Waplau dan TPS 5 Desa Lamahang, Kecamatan Waplau serta TPS 03 Desa Seith, Kecamatan Teluk Kaiely.

Setelah melakukan koordinasi di kantor KPU Kabupaten Buru Kapolres Buru lanjut melakukan monitoring ke kantor PPK Namlea guna melihat secara langsung dan memastikan keamanan kegiatan Rekapitulasi Perhitungan Suara tingkat Kecamatan Namlea. (**)

Comment