Argentina Awali Copa America 2024 dengan Kemenangan 2-0 Atas Kanada

EDISIINDONESIA.id – Dua gol yang dicetak Julian Alvarez (48′) dan Lautaro Martinez (88′) mengantarkan timnas Argentina membuka Copa America 2024 Amerika Serikat dengan kemenangan 2-0 atas Kanada di Stadion Mercedez-Benz, Georgia, Jumat WIB.

Pada laga pembuka Grup A itu, Argentina yang merupakan juara bertahan Copa America langsung mengambil inisiatif permainan sejak awal yang diawali dengan tendangan jarak jauh Leandro Paredes pada menit keempat yang masih tipis di atas mistar gawang.

La Albiceleste kembali mencoba membuka keunggulan pada babak pertama tepatnya pada menit ke-38 melalui Alexis Mac Allister.

Gelandang kreatif Liverpool itu menusuk ke kotak penalti untuk menyambut umpan Rodrigo de Paul. Namun, sayangnya sundulannya masih lemah dan mudah ditangkap oleh kiper Kanada Maxime Crepeau.

Kanada yang kalah dalam penguasaan bola mencuri peluang pada menit-menit akhir babak pertama. Pada menit ke-42, Stephen Eustaquio mencuri kesempatan untuk mencetak gol ketika ia terbebas melakukan sundulan.

Sayangnya, sundulan pemain FC Porto itu masih dapat dimentahkan dengan gemilang oleh kiper Argentina Emiliano Martinez. Skor 0-0 menjadi akhir dari 45 menit pertama.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung tancap gas dimana tiga menit 45 menit kedua berjalan, mereka akhirnya mampu unggul.

Berawal dari umpan cantik Lionel Messi, Mac Allister menyambut umpan pemain Inter Miami itu dengan baik. Namun, karena posisinya untuk mencetak gol tidak ideal karena terlalu dekat dengan kiper, Mac Allister memilih untuk menyontek bola kepada Julian Alvarez yang berada di dekatnya.

Alvarez yang menerima bola dari Mac Allister lalu tak kesulitan untuk mencetak gol ke gawang yang sudah kosong. Argentina unggul 1-0 atas Kanada.

Satu menit setelah gol itu, Alvarez kembali mendapatkan peluang. Di posisi sulit, ia masih mampu melakukan tendangan akurat, tapi masih digagalkan Crepeau.

Argentina terus mencari gol kedua untuk “kill the game”. Namun, peluang-peluang yang didapatkan masih gagal seperti halnya peluang emas Messi yang tak mampu diselesaikan dengan baik ketika ia satu lawan satu dengan Crepeau pada menit ke-79.

Akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu Argentina muncul melalui pemain pengganti Lautaro Martinez. Melalui umpan cantik Messi, kapten Inter Milan itu dengan dingin menaklukkan Crepeau untuk kedua kalinya pada menit ke-88.

Skor berubah menjadi 2-0 dan menjadi skor akhir laga. Argentina sebagai juara bertahan dan tim tersukses dengan 15 gelar membuka Copa America 2024 dengan kemenangan.

Tiga poin ini membuat Argentina memuncaki klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, di atas Peru dan Chile yang belum bermain, dan di atas Kanada di juru kunci.

Pemenang Piala Dunia 2022 itu akan menghadapi Chile pada laga kedua Grup A di Stadion MetLife, New Jersey, Rabu (26/6) pukul 08.00 WIB. (edisi/antara)

Berikut susunan pemain kedua tim:

Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina, Cristian Romero, Lisandro Martinez, Marcos Acuna, Angel Di Maria, Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Alexis Max Allister, Lionel Messi, Julian Alvarez
Pelatih: Lionel Scaloni

Kanada: Maxime Crepeau, Alistair Johnston, Moise Bombito, Derek Cornelius, Alphonso Davies, Tajon Buchanan, Ismael Kone, Stephen Eustaquio, Liam Millar, Jonathan David, Cyle Larin
Pelatih: Jesse March.

Comment