Penjabat Bupati Bombana Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

BOMBANA, EDISIINDONESIA.id –
Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-115 Tingkat Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), di Pelataran Kantor Bupati, Senin (22/5/2023).

Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 merupakan momentum untuk mempertahankan sekaligus mengobarkan semangat kebangkitan nasional.

Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Mahfud MD dalam sambutan yang dibacakan oleh Bupati Bombana Burhanuddin menyatakan hal itu menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan kemajuan bangsa.

“Dengan tema Harkitnas ke-115 tahun 2023 yaitu Semangat untuk Bangkit, kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” ujarnya.

Ia menjelaskan pada 5 Mei lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status public health emergency of international concern atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut.

Mengutip perkataan dr. Soetomo yang menyatakan Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya, mengajak seluruh anak bangsa mempertahankan semangat kebangkitan nasional.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. Sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Pj Bupati Burhanuddin menyebutkan Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tumbuh dengan positif, mencapai 5,31% pada tahun 2022 dan 5,03% pada triwulan pertama tahun 2023.

“Capaian ini menjadi dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa. Selain itu, Indonesia juga menunjukkan kepemimpinan yang kuat di tingkat internasional. Sebagai pemimpin G20 pada tahun 2022, Indonesia berhasil memperlihatkan kepiawaian dalam memimpin forum yang melibatkan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar,” ujarnya.

Ia menuturkan Presidensi G20 Indonesia lalu mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” yang memperkuat citra Indonesia dalam mendorong semangat bangkit di tingkat global.

“Di tingkat regional, Indonesia juga menjabat sebagai ketua ASEAN di tahun 2023 dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Dalam posisinya sebagai ketua, Indonesia berkomitmen untuk mempercepat pemulihan global pasca pandemi dan memperkuat peran ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,” tegasnya. (**)

Comment