Spesialis Kesehatan Jiwa Ungkap Penyebab Kesulitan Berhenti Merokok

EDISIINDONESIA.id – Spesialis Kesehatan Jiwa Sp. 2 dari Ikatan Alumni FKUI 2023 Kelompok Staf Medis (KSM) Psikiatri, Fitri Dona Nainggolan, menguraikan bahwa kesulitan dalam berhenti merokok disebabkan oleh perubahan tubuh dan psikologi seseorang.

Dalam sebuah sesi daring, dikutip dari ANTARA, Dona menjelaskan bahwa saat seseorang mencoba berhenti merokok, awalnya mereka merasa nyaman, namun kemudian muncul ketidaknyamanan tubuh dan perasaan sensitif yang menyebabkan kembali pada kebiasaan merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 75 persen orang yang berusaha berhenti merokok mengalami kekambuhan pada minggu keempat. Menurut Dona, tantangan ini tidak hanya berasal dari diri sendiri, tetapi juga dari lingkungan sekitar.

Dona menyarankan agar perasaan atau pikiran yang mendorong untuk merokok dapat dialihkan dengan kegiatan positif seperti makan makanan sehat, berolahraga, atau berinteraksi dengan keluarga dan teman. Namun, jika kesulitan berlanjut, konsultasi dengan dokter spesialis jiwa bagian adiksi dapat menjadi solusi.

Faktor pemicu kebiasaan merokok bisa berasal dari dalam diri sendiri, seperti kebiasaan merokok saat bosan atau dalam situasi tertentu, maupun dari lingkungan sekitar, seperti pergaulan dengan teman yang juga merokok.

Untuk berhasil berhenti merokok, penting bagi seseorang untuk mengidentifikasi pemicu-pemicu tersebut dan menetapkan tujuan yang jelas. Dengan pemahaman yang baik tentang penyebab merokok, seseorang dapat mengatasi tantangan tersebut dan berhasil berhenti merokok. (edisi/fajar)

Comment