Shin Tae Yong: Butuh Waktu Lama untuk Membuat Squad Garuda Sekuat Ini

EDISIINDONESIA.id – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong sangat senang dengan hasil yang diraih anak asuhnya di pamungkas grup A Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil memastikan satu tempat di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Hal tersebut dipastikan usai, Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan telak 1-4 dari Yordania U-23 di matchday ketiga babak fase grup A.

Pertandingan yang mempertemukan Indonesia berhadapan dengan Yordania sendiri berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Minggu (21/4/2024).

Adapun gol yang tercipta di babak pertama ini berhasil diciptakan oleh Marselino Ferdinan melalui titik putih di menit ke-23 dan Witan Sulaeman di menit ke-41.

Sementara gol-gol yang tercipta di babak kedua lahir dari gol kedua Marselino Ferdinan di menit ke-71 dan Komang Teguh di menit ke-85.

Dan satu gol balasan yang berhasil diciptakan oleh Yordania U-23 tercipta di menit ke-79 melalui own goal yang diciptakan Justin Hubner.

Usai laga, Shin Tae Yong yang berhasil menciptakan sejarah baru bersama Timnas Indonesia U-23 pertama kalinta lolos ke babak perempat final ajang tersebut.

“Dan saat kami membuat sejarah ini dengan para pemain saya, saya sangat senang,” kata Shin Tae Yong dalam keterangan yang diterima Fajar.co.id, usai laga, Senin (22/4/2024).

“Saya ingin berbagi kemenangan ini, tidak hanya kepada para pemain, tetapi kepada semua pihak di PSSI dan juga seluruh suporter di Indonesia,” tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan ini pun mengaku butuh waktu yang cukup lama untuk bisa membuat skuad Garuda muda sekuat sekarang.

Tahun ini sendiri merupakan tahun keempatnya setelah ke datangannya ke Timnas Indonesia pada tahun 2019 lalu.

“Butuh waktu empat tahun (untuk membentuk tim). Tapi kemudian dalam empat tahun, dua tahun di mana saya tidak bisa tampil karena jelas ada Corona,” jelasnya.

“Jadi setelah dua tahun berikutnya saya pikir kami sudah mengalami kemajuan sejauh ini,” terangnya. (edisi/fajar)

Comment