Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sultra Sudah Disiapkan, Ini Jenisnya

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan sapi kurban Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) untuk hari raya kurban Idul Adha 2023 mendatang.

Sapi yang disiapkan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak)Sultra ini berjenis Limosin, berusia 4 tahun dari peternak, di Desa Morome, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra, La Ode Muhammad Jabal mengatakan pihaknya tetap menyiapkan sapi tersebut, meski masih menunggu spesifikasi sapi kurban Presiden dari Kementerian Pertanian.

“Belum ada spek yang diberikan dari kementrian tapi yang jelas pihak Sultra sudah siapkan dari Kabupaten Konsel sejak beberapa bulan kemarin. Sapi Limosin dengan usia 4 tahun itu akan cukup 1 ton lebih,” katanya, Jumat (19/5/2023).

Kata dia, pihak kementrian dan sekretariat kepresidenan akan menentukan besaran dan harga sapi presiden yang akan dikurbankan. Termasuk penentuan titik lokasi untuk pemotongan sapi kurban Presiden di Sultra nantinya.

Namun, menurutnya, melihat pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, biasanya informasi terkait spesifikasi tersebut akan disampaikan 3 pekan menjelang hari raya kurban.

“Kemungkinan beberapa hari ke depan kita sudah dapat info dari kementrian pertanian di biro kesra, tapi sapinya sudah kita siapkan tinggal nanti eksekusi administrasinya,” jelasnya.

Ia menjelaskan ditahun-tahun sebelumnya pihaknya selalu menyiapkan sapi kurban Presiden dari daerah yang berbeda-beda, seperti tahun 2022 lalu, sapi kurban presiden berasal dari Unaaha Kabupaten Konawe dan disembelih di daerah Pasar Wajo Kabupaten Buton.

Sehingga, nantinya jika pihak kementrian telah menyampaikan spesifikasi sapi kurban presiden, maka Distanak akan kembali memilih lokasi sapi dan lokasi pemotongannya yang tidak begitu jauh.

“Nanti dilihat lagi tergantung dari jarak lokasi pemotongan, karena semua kabupaten punya pos, di titik-titik tertentu memiliki sapi besar, nanti tinggal dilihat,” tutupnya. (**)

Comment