Puluhan Pelajar di Sultra Ikuti Lomba Open House Fisika 2023

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Puluhan pelajar di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terdiri dari siswa siswi SD dan SMA mengikuti lomba Open House Fisika (OHF) 2023.

Ajang ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bertempat di Aula FKIP UHO, Senin (13/3/2023).

Beberapa lomba yang digelar diantaranya Lomba Cepat Tepat (LCT) dan Olimpiade Fisika untuk pelajar tingkat SMA dan lomba ranking 1 untuk pelajar tingkat SD.

OHF 2023 ini diikuti sekiranya 17 SMA dari Kota Kendari dan satu diantaranya dari luar kota Kendari, dan 8 SD se Kota Kendari.

Beberapa sekolah yang dimaksud diantaranya SMAN 1 Kendari, SMAN 2 Kendari, SMAN 7 Kendari, SMAN 18 Kendari, Madrasah Aliah Al Fath Kendari, SMAN 11 Kendari.

Kemudian, SMAN 1 Morosi, SMAN 10 Kendari, MA Ma’had Ummul Qurra’, SMAN 4 Kendari, SMAN 12 Kendari, SMAN 4 Kendari, kemudian SDN 89 Kendari, Madrasah Ibtidaiah Ma’had Ummul Sultra.

Plt Dekan FKIP UHO Kendari, Dr Latief Sahidin mengatakan, ajang tersebut merupakan program pokok tahunan dari prodi pendidikan Fisika, FKIP, UHO Kendari.

“OHM ini merupakan kegiatan yang sangat diapresiasi oleh jurusan dan fakultas karena OHM ini banyak mempunyai nilai tambah bagi jurusan dan para peserta. Termasuk meningkatkan akreditasi jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO,” ungkapnya.

Latief berharap, kegiatan tersebut bisa terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga nantinya bisa diselenggarakan untuk tingkat nasional.

“Ini kan sudah cukup lama, mungkin sudah saatnya untuk dievaluasi dan levelnya ditingkatkan tidak hanya Sultra tapi bisa tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika UHO, Andrean Nanang menyebut, giat tersebut akan berlangsung selama 4 hari, yang resmi dimula, Senin (13/3/2023) hari ini hingga, Kamis (16/3/2023) mendatang.

Menurutnya giat tersebut dapat mengembangkan minat siswa dalam mempelajari Fisika, dalam rangka mewujudkan masyarakat intelektual yang menguasai sains dan teknologi.

“Mudah-mudahan sampai hari terakhir bisa terlaksana dengan baik, jadi ada LCT, Olimpiade Fisika dan ranking 1, ranking 1 memang dikhususkan untuk siswa sekolah dasar menggunakan sistem eliminasi, misal dari 50 peserta diberikan tanya jawab, jawaban yang salah akan dieliminasi,” jelasnya. (**)

Comment