Anies Baswedan Diprediksi Tolak Berduet dengan Kaesang

EDISIINDONESIA.id – Bakal Calon Gubernur (Cagub) Jakarta, Anies Baswedan diyakini akan menolak berpasangan dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 mendatang.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Anies akan mengambil sikap konsisten dengan menjaga demokrasi.

“Anies tampak percaya diri sekali tanpa Kaesang,” kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (20/6/2024).

Pangi membeberkan, salah satu alasan penolakan Anies didasari perubahan aturan syarat usia calon kepala daerah oleh Mahkamah Agung (MA).

Keputusan MA tersebut menimbulkan kontroversi karena dianggap sengaja diubah untuk mengakomodasi kepentingan keluarga Jokowi.

“Pasti itu akan jadi beban bagi Anies kalau  berpasangan dengan Kaesang,” tegas Pangi.

Selain itu, basis pemilih Anies dan Kaesang juga berseberangan. Walau tak berpasangan dengan Kaesang, Anies sudah berpengalaman berhadapan dengan kekuasaan.

“Nah kalau Anies kalah lagi dia akan jadi kartu mati. Tapi kalau Anies menang Pilkada Jakarta maka langkah Kaesang atau Gibran atau siapapun nanti saya pikir akan redup. Dan Kemungkinan Anies bersinar di 2029,” pungkasnya. (edisi/rmol)

Comment