STY Optimistis Garuda Muda Raih Poin pada Laga Perdana Piala Asia U-23

EDISIINDONESIA.id – Status debutan yang disandang Tim U-23 Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024 tak lantas membuat pelatih Shin Tae-yong (STY) minder.

Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu optimistis Garuda Muda akan meraih poin pada laga perdana Grup A melawan tuan rumah Qatar di di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin malam WIB (15/4/2024).

Keyakinan Shin berdasarkan perkembangan bagus dari para pemain selama melakukan pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, dan Doha, Qatar.

“Kami punya pengalaman yang baik. Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat,” ucap Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (15/4).

“Dua laga (uji coba) itu membantu tim kami, saya bisa mengatakan dua uji coba ini bisa mempersiapkan laga khususnya melawan Qatar dan Yordania. Kami melakukan persiapan yang baik sejauh ini,” sambungnya.

Lebih lanjut, Shin mengakui Qatar merupakan tim yang tangguh. Terlebih, mereka mampu menjaga performa sejak juara Piala Asia 2019 dan 2023.

“Saya rasa tim U-23 Qatar menjadi salah satu tim kuat di turnamen ini.Tentu saya harus membangun kepercayaan diri para pemain Indonesia agar bisa keluar dari tekanan dan menunjukkan kekuatan kami di ajang ini,” sebut pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Setelah melawan Qatar pada hari ini, Indonesia akan menghadapi Australia (18 April) dan Yordania (21 April). Skuad Garuda Muda diharapkan bisa melaju ke babak semifinal, untuk menjaga asa lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pasalnya hanya juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 yang berhak tampil di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi keempat harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023. (edisi/rmol)

Comment