Jika Jadi Gubernur Sultra, Ruksamin akan Gelontorkan Rp500 Juta Per Desa untuk Atasi Kemiskinan

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Bupati Konawe Utara (Konut), memaparkan strategi mengatasi permasalahan ekonomi khususnya masalah kemiskinan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu disampaikan Ruksamin saat menjadi narasumber pada kegiatan Leaders Talk bertajuk ‘Jalan Panjang Mewujudkan Kesejahteraan’ yang digelar oleh Ikatan Sarjana Ekokomi Indonesia (ISEI) Cabang Kendari di Hotel Claro Kendari, Kamis (30/5/2024).

Bakal calon Gebernur itu menilai, Sultra merupakan daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang dapat menunjang perekonomian.

“Sulawesi Tenggara punya nikel, punya pertambangan pariwisata, pertanian, perkebunan, dan punya adat istiadat,” bebernya.

“Apa yang saya paparkan tadi itu, Sultra Kondisinya seperti ini. Mari kira kita simpulkan, dia sakit kah, dia sehat kah, dia kurang sehat kah, kondisinya seperti apa, baik itu pertumbuhan ekonominya, kemiskinannya, itu tadi kelihatan. Kemudian disisi lain adakah obat yang bisa ditawarkan? Ada yang kita siapkan?” ujarnya lagi.

Sehingga, kata Ruksamin, untuk mengatasi masalah pembangunan ekonomi yang terjadi yang saat ini dialami oleh Sultra, yaitu dengan melahirkan Sultra sebagai Sultra menjadi Pusat Energi Dunia.

“Nah sekarang yang dibutuhkan adalah cara orang mengobati ini, katakanlah kalau sakit tadi ini. Padahal Sultra punya sumber daya alam yang banyak. Caranya kita sudah dengar, caranya mengobati seperti apa, obatnya cuman satu, diagnosanya yaitu kita lahirkan Sultra sebagai Pusat Sumber Energi Dunia,” tuturnya.

Ruksamin menambahkan, jika terpilih sebagai Gubernur Sultra, ia akan menggelontorkan dana Rp 500 juta per desa untuk memacu perekonomian dari desa, sehingga dapat mengatasi masalah kemiskinan.

“Biaya itu untuk memberikan insentif kepada UMKM kita. Sehingga ekonomi di Sultra meningkat, kemiskinan menurun, dan Sultra makin sejahtera,” pungkasnya. (**)

Comment