Gerindra Tunggu Deklarasi Demokrat, SBY Turun Gunung Menangkan Prabowo

EDISIINDONESIA.id – Pendaftaran pasangan capres-cawapres ke KPU tinggal hitungan hari. Pergerakan partai politik makin dinamis.

Partai Demokrat misalnya, setelah keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), kini merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Meski belum disampaikan secara resmi, namun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menyampaikan dukungannya saat silaturahmi ke kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Minggu, 17 September.

Berdasarkan informasi yang beredar, Partai Demokrat akan mengumumkan secara resmi dukungan ke Prabowo pada pekan ini. Demokrat juga telah menggelar Rapat Majelis Tinggi untuk menentukan arah dukungan Capres di Pilpres 2024.

Pada pertemuan SBY dengan Prabowo di Hambalang, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto dan mantan anggota Wantimpres Agum Gumelar juga hadir. Kedua Jenderal tersebut disebut-sebut memiliki peran penting atas dukungan SBY ke Prabowo.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengemukakan Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menyatakan partai Demokrat mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pilpres 2024.

“Apa yang telah terjadi hari ini adalah sesuatu yang membuat kita bangga, sesuatu yang membuat kita kuat,” ujar Dasco, kemarin.

Wakil Ketua Umum Gerindra Budi Djiwandono yang menyebutkan bahwa pertemuan itu terjalin sangat intensif, serius tetapi tetap santai.

“Ya, tadi komunikasi sangat intens, banyak pembahasan,” kata Budi.

Budi juga menambahkan bahwa pihaknya menangkap semangat SBY dan AHY dalam pertemuan tersebut. Lebih lanjut lagi, pihaknya berharap bahwa pada waktunya nanti Partai Demokrat dapat mengumumkan secara resmi.

Budi mengemukakan, Partai Gerindra menghormati apabila Demokrat mengusulkan nama AHY sebagai bakal calon wakil presiden. Menurutnya, Demokrat diberikan hak yang sama dengan partai yang sudah mendukung Prabowo lebih dahulu.

Sementara Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan SBY akan turun gunung memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Bergabungnya Demokrat ke Gerindra karena merasa nyaman.

“Pak SBY akan turun gunung untuk memenangkan Prabowo di Pilpres 2024,” tuturnya. (edisi/fajar)

Comment