Kerap Disentil Bawakan Lagu Dewa, Once Persoalkan LMKN

EDISIINDONESIA.id – Musisi tanah air Once Mekel belakangan memilih untuk bernegosiasi, usai Ahmad Dhani acap kali menyentilnya karena membawakan lagu Dewa 19, meskipun itu adalah ciptaannya.

Royalti diduga jadi alasan Dhani melakukan itu.

Karenanya, Once mengaku akan melakukan negosiasi, dengan satu syarat.

Once ingin tugas dan upaya lembaga manajemen kolektif nasional (LMKN) untuk mengatur royalti musik bisa ditata terlebih dahulu.

“Saya ingin LMKN dulu yang membuat satu statement aturan positifnya satu, seperti ini. Saya ingin masyarakat tahu bahwa ada yang sudah ditetapkan oleh negara dan pemerintah bahwa LMKN dan LMK adalah badan pengumpulan royalti dan berapa yang dikumpulkan sesuai dengan tarif yang ditetapkan pemerintah,” kata Once dilasnir dari Kompas.com.

Once mengaku bukannya tidak mau membayar royalti, hanya saja menurutnya ketika melakukan perform, penyelenggara yang membayarkan itu ke LMKN dan diteruskan ke pemilik.

Once menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) yang seharusnya mengatur royalti atau sistem bagi hasil tersebut. “Kalau aturan tidak ada yang bisa melarang performer membawakan itu, harusnya user atau tiap penyelenggara. Mereka yang membayarkan ke LMKN. Nanti mereka akan mentransfer uang itu kepada pencipta,” lanjutnya. (EI/Net)

Comment