Lagu Raim Laode ‘Komang Meledak, Kisahnya Sangat Inspiratif

EDISIINDONESIA. id – Banyak yang tidak menyangka Raim Laode seorang Komika asal Wakatobi, Sultra jebolan SUCA 2 itu turut sukses dalam dunia musik tanah air.

Saat ini nama Raim melejit usai karya orisinil-nya sukses menjadi lagu yang paling banyak diputar dua pekan terakhir.

Lagu Komang yang diunggahnya dua pekan lalu kini sukses mencapai 4 juta view di Platform YouTube.

Usut punya usut, Raim Laode memang tidak membuat karyanya itu dengan mudah. Prosesnya seperti yang di ungkapnya dalam sebuah podcast dunia Manji belakangan membuat banyak orang seperti terkena sindrom Komang.

Raim menjelaskan bahwa lagu “Komang” memang sudah layak melejit dibandingkan dengan lagu-lagu lain miliknya.

Lagu ini kata Dia dibuat dengan sangat seksama, membutuhkan proses yang penuh pembelajaran baginya.

“Saya bertemu banyak orang-orang hebat, belajar musik, membaca di setiap pagi dan sore saya,” ujarnya dalam podcast Manji.

Kata Dia, yang mahal dari produksi dan promosi lagu ini bukan branding keluarnya. Tapi, pertemuan-pertemuan penting dengan orang-orang yang memberinya banyak pelajaran.

Salah satu yang memberinya motivasi untuk lagu ini adalah Anji.

Menurutnya dia termotivasi untuk membuat lagu ini seperti lagu Anji, yang di setiap perkawinan akan dilantunkan dan disambut pendengar dengan ikut bernyanyi.

“Ini tidak gampang, butuh proses yang panjang dan penuh pertimbangan,” ungkapnya.

Lantas, apa arti dari kata Komang?

Dijelaskan Raim, Komang adalah manifestasi dari hal yang paling kita sukai sekali, tetapi sulit untuk dideskripsikan secara kata-kata.

“Komang bisa berarti kekasihmu, Komang bisa berarti mamamu dan kesederhanaannya, Komang bisa berarti tempat wisata favoritmu, bisa berarti coffee shop favoritmu,” kata Raim, dikutip dari unggahan video di Instagramnya, Kamis (23/2/2023).

Raim tak menampik, Komang memang berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya lumayan abstrak. “Sulit dideskripsikan,” sambung dia.

Saat ini tidak hanya youtube, lagu Komang juga banjir digunakan oleh banyak orang sebagai musik latar konten mereka, termasuk di Instagram dan Tiktok. (Redaksi)

Comment