Tips agar Sehat saat Mudik Lebaran

EDISIINDONESIA.id – Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. RA Adaninggar, menyarankan untuk menjaga kesehatan saat mudik dengan beberapa tips.

Dikutip dari ANTARA, penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi jauh sebelum hari mudik, serta menghindari makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta, harus ekstra hati-hati agar kondisi kesehatan tidak memburuk karena pola makan yang tidak sehat.

Dokter Adaninggar menekankan bahwa nutrisi adalah kunci untuk menjaga kesehatan, dengan mengonsumsi makanan yang tidak memicu alergi atau penyakit pribadi lainnya.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya berolahraga, bahkan selama bulan puasa, minimal 15 sampai 20 menit setiap hari, yang dapat dilakukan setelah berbuka puasa atau menjelang waktu berbuka.

Istirahat yang cukup juga menjadi hal penting, terutama karena perjalanan mudik seringkali melelahkan. Dokter menekankan bahwa istirahat yang baik dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah penurunan imunitas, dan menghindari dampak penyakit, terutama saat berada di tempat umum atau kendaraan umum.

Selain itu, menjaga kebersihan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan adalah hal yang sangat penting, terutama setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.

Dokter juga menyarankan untuk menghindari penggunaan gadget yang berlebihan saat perjalanan, karena hal tersebut dapat memicu mabuk perjalanan. Lebih baik tidur atau memejamkan mata untuk mengurangi gejala mabuk.

Dokter juga memberikan tips mengenai posisi duduk yang tepat untuk mengurangi mabuk perjalanan, dengan menempatkan diri di bagian depan kendaraan. Jika mabuk sudah terjadi, obat dapat membantu mengatasinya.

Terakhir, membawa cukup cairan untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan mental dengan mendengarkan musik atau berinteraksi dengan anggota keluarga juga disarankan agar suasana tetap nyaman selama perjalanan, terutama saat terjadi kemacetan total. (edisi/fajar)

Comment