Siapkan 38 Ruangan, 8.937 Peserta UTBK SNBT Bakal Ikuti Tes di UHO Kendari

Gedung UHO/Foto: INT

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 mulai dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (8/5/2023).

Tidak terkecuali di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang ditandai dengan penyerahan naskah soal UTBK dari Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu kepada Wakil Rekor (WR) I UHO Kendari, La Hamimu.

“SNBT ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan waktu yang sama, artinya kalau jam 08.00 di sini berarti Jakarta jam 07.00 di Jakarta dan di Papua jam 09.00,” katanya usai penyerahan naskah soal UTBK.

Zamrun mengatakan bahwasanya, untuk di UHO Kendari UTBK SNB akan berlangsung pada 8-14 Mei 2023. Dengan total peserta yang terdaftar sebanyak 8.937, dimana setiap harinya akan dibagi menjadi dua sesi.

“Sesi pagi dengan sesi siang, jadi berakhir nanti jam 17.15 sore. Jadi di UHO itu kita pakai 19 lokasi, 38 ruangan untuk memfasilitasi calon mahasiswa baru. Sebenarnya yang tes di UHO ini bukan memilih UHO semuanya, mereka boleh memilih di mana saja sekarang kesempatannya kayak begitu,” jelasnya.

Untuk jumlah peserta UTBK SNBT yang memilih UHO Kendari untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah sendiri pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah keseluruhannya.

“Itu belum kita tahu, nanti selesai di tabulasi semuanya nanti akan ketahuan berapa yang pilih UHO,” katanya.

Penyerahan naskah soal UTBK dari Rektor UHO Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu kepada Wakil Rekor (WR) I UHO Kendari, La Hamimu.

Karena kata dia, bisa saja yang memilih UHO Kendari melakukan tes ditempat lain dan berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya pada saat sebelum pengumuman biasanya pihaknya akan mengetahui berapa yang memilih UHO untuk pilihan pertama dan berapa yang memilih untuk pilihan kedua.

“Itu nanti biasanya yah satu atau dua hari sebelum rapat terakhir untuk penentuan kelulusan,” ujarnya.

Adapun kuota SNBT UHO Kendari sebanyak 3.500-an, karena kuota yang tidak terpenuhi pada saat seleksi jalur prestasi dialihkan ke SNBT untuk seluruh Program Studi (Prodi).

Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta tes untuk berlaku jujur dalam mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya, percaya kepada diri sendiri dan tidak melakukan kecurangan-kecurangan yang nantinya akan berakibat fatal.

“Kalau dikerjakan dengan baik dan hasilnya bagus InsyaAllah lulu, tidak usah khawatir, tidak ada intervensi dari manapun. SEmuanya tergantung dengan hasil yang diperoleh pada saat mengerjakan soal UTBK ini,” tutupnya. (Irna)

Comment