Liverpool Kalah Dari Klub Papan Bawah, Moh Salah Gagal Eksekusi Pinalti

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah. (Foto: Twitter/@LFC)

EDISIINDONESIA.id – Liverpool menelan kekalahan pahit 0-1 dari tim papan bawah, Bournemouth dalam laga Liga Inggris di Vitality Stadium Sabtu (11/3).

Liverpool sebenarnya bisa menggagalkan kemenangan Bournemouth, namun Moh Salah gagal mengkonversi hadiah pinalti yang diberikan wasit.

Liverpool datang ke markas Bournemouth dengan kondisi penuh percaya diri. Pasalnya pada pekan lalu mereka memetik kemenangan telak 7-0 atas Manchester United.

Dari jalannya laga, padaa menit kesembilan Bournemouth lewat Dango Ouattara mendapatkan kesempatan emas mencetak gol. Peluang itu didapat Ouattara setelah Trent Alexander-Arnold salah dalam mengoper bola.

Bola bisa didapat Dominic Solanke, lalu dioper kepada Ouattara. Ouattara bisa melewati kiper Alisson Becker, tetapi tendangan kaki kanannya dari sudut sempit masih menyamping di sisi kanan gawang Liverpool.

Liverpool ganti memberikan ancaman. Tendangan Andy Robertson pada menit ke-13 ditepis kiper. Cody Gakpo lalu sempat mencetak gol pada menit ke-14. tetapi gol itu dianulir karena offside.

Di tengah upaya Liverpool mencetak gol, Bournemouth sukses mencuri keunggulan lebih dahulu atas Liverpool pada menit ke-28 melalui gol Philip Billing.

Gol itu bermula dari aksi Dango Ouattara yang mendapatkan umpan terobosan dari belakang. Ouattara menggiring bola di sisi kanan hingga mencapai kotak penalti Liverpool, lalu memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti.

Dari belakang Billing yang tanpa terjaga pemain Liverpool datang menyambar bola masuk ke gawang Allison Becker.

Sundulan Virgil van Dijk pada menit ke-41 yang memanfaatkan tendangan bebas Andy Robertson masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Bournemouth.

Bournemouth tidak sekadar bertahan. Tendangan kaki kiri Solanke usai mendapat operan Marcos Sensi masih melebar di sisi kanan gawang lawan pada menit ke-43. Skor 1-0 untuk Bournemouth bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Liverpool menurunkan Diogo Jota untuk meningkatkan serangan. Kiper Neto membuat penyelamatan gemilang saat memetahkan tendangan kaki kanan Diogo Jota pada menit ke-49.

Gagal mencetak gol di 20 menit awal, Liverpool menurunkan James Milner, Jordan Henderson, dan Roberto Firmino secara bersamaan di menit ke-65. The Reds pun makin gencar memberi tekanan pada Bournemouth.

Pada menit ke-66 Liverpool mendapatkan penalti setelah Adam Smith dianggap handball usai menahan sundulan Diogo Jota. Wasit lebih dulu melihat VAR sebelum memutuskan terjadi handball dan memberikan penalti untuk Liverpool.

Mohamed Salah lalu maju sebagai eksekutor penalti. Namun tendangan penalti Mohamed Salah pada menit ke-69 ke sisi kanan gawang terlalu melebar.

Selepas kegagalan tersebut, Liverpool terus berusaha mengurung pertahanan Bournemouth. Liverpool bahkan mencatat penguasaan bola hingga lebih dari 80 persen.

Tekanan Liverpool tetap gencar hingga pertandingan memasuki masa injury time. Cody Gakpo sempat melepaskan tembakan keras tetapi bola melayang di atas gawang.

Skor 1-0 untuk Bournemouth bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain

Bournemouth (4-4-1-1)

Neto; Adam Smith (Ryan Fredericks 80), Jack Stephens, Marcos Senesi, Lloyd Kelly; Dango Quattara, Jefferson Lerma (Lewis Cook 81), Philip Billing (Ryan Christie 70), Jaidon Anthony; Joe Rothwell; Dominic Solanke

Liverpool (4-3-3)

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (James Milner 65); Ibrahima Konate, Virgil van Dijk; Andy Robertson; Harvey Elliot (Diogo Jora 46), Fabinho (Jordan Henderson 65), Stefan Bajcetic; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez (Roberto Firmino 66).

Comment