Wakapolres Buru Pimpin Upacara Ziarah di TMP Jelang Hari Bhayangkara ke-78

MALUKU, EDISIINDONESIA.id – Waka Polres Buru Kompol H. Akmil Djapa memimpin upacara ziarah dan penaburan bunga dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke – 78, di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kabupaten Buru, Maluku, Senin (24/6/2024).

Menjelang perayaan Hari Bhayangkara ke-78, Polres Buru berziarah ke TMP telah diselenggarakan sebagai sebuah bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Waka Polres Buru memiliki peran penting dalam kegiatan upacara ziarah ini yakni sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Hal ini menandakan penghargaan yang tinggi dari kepolisian terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan keamanan negara.

Dalam upacara ziarah tersebut, Waka Polres Buru berperan sebagai pemimpin upacara menyampaikan tugas ini bukan hanya menjadi sebuah kehormatan, tapi juga sebagai wujud nyata dari tanggung jawab kepolisian dalam mengenang dan menghormati para pahlawan.

“Posisi tersebut memberikan Waka Polres sebuah kesempatan untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan penghargaan kepada pahlawan nasional di mata anggota kepolisian serta masyarakat yang hadir,” ucapnya.

Menurutnya, upacara ziarah ke TMP menjelang Hari Bhayangkara memiliki makna mendalam. Acara ini tidak hanya sekedar rutinitas tahunan, tapi merupakan perwujudan nyata dari rasa syukur dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjasa.

“Tujuan dari upacara ziarah ini adalah untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan menanamkan nilai keberanian serta pengorbanan yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan doa bersama. Setiap momen dalam upacara ini dirancang untuk mengingatkan peserta tentang pentingnya menghargai jasa para pahlawan dan meneruskan semangat patriotisme kepada generasi yang akan datang.

Upaya Meningkatkan Semangat Nasionalisme

Upacara ziarah di TMP ini juga menjadi momentum bagi polisi dan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan semangat nasionalisme.

Melalui upacara ini, diharapkan setiap individu yang hadir dapat mengambil inspirasi dari pengorbanan para pahlawan yang telah gugur dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun bangsa yang lebih kuat dan beradab. (**)

Comment