Kylian Mbappe Terancam Tak Bisa Perkuat Prancis

EDISIINDONESIA.id – Penyerang andalan timnas Prancis, Kylian Mbappe, tampak bangga saat memamerkan topeng pelindung pada sesi latihan Kamis kemarin (20/6).

Pelindung wajah itu berdesain bendera Prancis, lengkap dengan logo Les Bleus dan nomor 10 dan inisial KM.

Akan tetapi, topeng pelindung itu justru membuat Mbappe berpotensi tersandung masalah dengan regulasi yang dimiliki otoritas sepak bola Eropa, UEFA.

Mbappe harus memakai pelindung wajah usai mengalami patah hidung pada laga Austria vs Prancis beberapa waktu lalu.

Mengutip Daily Mail, Jumat (21/6), topeng yang dipamerkan penyerang 25 tahun itu bisa dipermasalahkan UEFA. Sebab, mereka punya aturan khusus soal pelindung wajah bagi pemain.

Menurut Pasal 42 aturan UEFA, peralatan medis yang dikenakan di lapangan pertandingan harus berwarna tunggal dan tidak boleh menunjukkan identifikasi tim atau pabrikan.

Sementara topeng Mbappe jelas berwarna biru-putih-merah khas warna bendera Prancis.

Dengan begitu, Mbappe bisa dilarang menggunakan topeng tersebut di pertandingan Prancis selanjutnya di Piala Eropa. Dia bisa bermain kalau memakai topeng yang memiliki satu warna saja.

Prancis akan melawan Belanda pada laga kedua Grup D Piala Eropa 2024. Laga Belanda vs Prancis ini digelar di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu dinihari WIB (22/6). (edisi/rmol)

Comment