Lomba Tradisional Meriahkan Peringatan HUT ke-193 Kota Kendari

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 193 Kota Kendari tahun 2024 diwarnai dengan beragam agenda, seperti lomba permainan tradisional salah satunya yaitu “Macukke”.

Lomba permainan tradisional ini diikuti oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama camat se Kota Kendari. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat.

Salah satu peserta lomba Macukke, yang juga merupakan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, Sri Nursyam Dewi sangat mengapresiasi lomba permainan tradisional ini.

Sebab menurutnya banyak kalangan anak muda jaman sekarang sudah tidak mengenal lagi permainan tempo dulu. 

“Kami sangat senang sekali dan antusiasme, dimana permainan ini sudah mulai dilupakan tapi Alhamdulillah, bapak Pj mengangkat kembali budaya-budaya lokal, sehingga kami dalam peringatan HUT Kota Kendari sangat senang dan gembira,” ujarnya. 

Sementara dibabak penyisihan Dinas Kominfo yang diwakili Sekdis Kominfo berhasil mengalahkan Kelurahan Puuwatu, selanjutnya, Dinas Kominfo akan melawan Bapenda diperempat final. 

Terkahir, Sri Nursyam Dewi berharap lomba tradisional ini dapat mengingatkan kembali generasi muda mengenai permainan tradisional zaman dulu. 

Sementara itu, Juri/Panitia lomba Macukke, Bastin menyebut perlombaan ini menggunakan sistem gugur. Perlombaan ini juga bakal berlangsung hingga 2 hari dan final pada Selasa, 7 Mei 2024 di Lapangan Benu-benua. 

Terlihat selama pertandingan terdapat peserta lomba yang tidak menghadiri pertandingan sehingga dinyatakan Walkover atau WO. 

“Ini disebabkan karena mereka telat, artinya setelah kami panggil beberapa kali tapi pesertanya terlambat datang dengan alasan mungkin ada kegiatan. Tapi kami dari pihak penanggungjawab sudah menyampaikan melalui grup WA,” ungkapnya. (**)

Comment