Elektabilitas Prabowo di Bursa Capres LSN Makin tak Terkejar Ganjar dan Anies

EDISIINDONESIA.id – Elektabilitas Calon Presiden Prabowo Subianto mendominasi bursa Pilpres 2024 dalam survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) periode 14-24 Agustus 2023.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry menjelaskan dominasi Prabowo pada survei teranyar LSN memang sulit dibendung oleh Capres dari PDIP Ganjar Pranowo dan Capres dari Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan.

“Dominasi Prabowo atas para kompetitornya tetap signifikan apabila pilpres hanya diikuti tiga capres saja,” kata Gema dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Menurut Gema, hal itu kian mengukuhkan Pilpres 2024 bisa jadi jatuh ke dalam genggaman Prabowo Subianto.

“Pada saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, ternyata sebanyak 40,7 persen responden mengaku memilih Prabowo, lalu 31,4 persen memilih Ganjar dan 22,1% menjatuhkan pilihan pada Anies,” lanjut Gema.

Tren yang dimiliki Prabowo menjelang Pilpres 2024 memang selalu menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan. Terekam dari mulai Maret 2023, tingkat keterpilihan Prabowo terus mengalami peningkatan hingga Agustus 2023.

Pada Maret 2023, tercatat elektabilitas Prabowo ada di angka 36,5 persen, kemudian menguat menjadi 38,5 persen pada Juni 2023, dan kian menebal pada Juli 2023 dengan 40,5 persen. Lalu, menginjak Agustus 2023, elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi dengan 40,7 persen.

“Sejak Maret 2023, elektabilitas Prabowo rata-rata mengalami peningkatan dua persen dari survei ke survei berikutnya,” ungkap Gema.

Hal berbeda justru dialami oleh Ganjar di dalam survei yang sama.

Sempat menguat pada Maret 2023 dengan 25,8 persen menuju 32,8 persen pada Juni 2023, Ganjar ternyata tidak bisa mengejar elektabilitas Prabowo.

“Sementara itu perkembangan terakhir elektabilitas Ganjar Pranowo memperlihatkan kecenderungan fluktuatif. Namun, belum ada indikasi Ganjar mengalami rebound untuk mengejar elektabilitas Prabowo,” terang Gema. (boy/jpnn)

Comment