Dinas Ketapang Bakal Laksanakan Gerakan Pangan Murah di Tiga Wilayah Sultra

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan kembali melaksanakan gerakan pangan murah di tiga daerah, yaitu Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Gerakan pangan murah ini merupakan bentuk intervensi terhadap daerah-daerah yang terjadi gejolak kenaikan harga. Dimana, untuk saat ini Dinas Ketapang masih akan melaksanakan 44 kali gerakan pangan murah di beberapa titik lokasi di Sultra.

Kepala Disketapang Sultra, Ari Sismanto mengatakan bahwa, pada awal Juni 2023 mendatang pihaknya akan melaksanakan gerakan pangan murah di tiga daerah tersebut.

Kota Kendari dan Baubau menjadi lokasi digelarnya gerakan pangan murah sebab kedua daerah ini merupakan pusat konsentrasi terbesar masyarakat. Terlebih Kota Kendari menjadi pusat pertumbuhan masyarakat Sultra.

“Sedangkan Kolut karena memang ada gejolak indeks perubahan harga dari 2-3 pekan kebelakang ini ada sedikit lonjakan, sehingga kita perlu melakukan intervensi,” ungkapnya

Dalam gerakan pangan murah pihaknya menyiapkan beberapa komoditas, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, bawang merah, bawang putih, cabai dan tepung terigu.

Dimana, harga sejumlah komoditas tersebut akan dijual dibawah harga pasar, sebab pemerintah akan mensubsidi biaya transportasi sehingga barang tersebut akan dijual sesuai harga produsen.

“Kalau yang rawan ikan-ikanan, belum bisa kita gelar gerakan pangan murah karena kita belum punya freezer untuk menyimpan ikan,” bebernya.

Sehingga ia berharap, melalui gerakan pangan murah tersebut, harga komoditas-komoditas di pasar kembali normal agar masyarakat bisa berbelanja dengan harga normal, dan inflasi di Sultra dapat dikendalikan. (Irna)

Comment