Perpustakaan Modern Provinsi Sultra Bakal Diresmikan April

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Gedung Perpustakaan Modern Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) rencananya bakal diresmikan pada April 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nurlena Harahap, Kamis (23/2/2023).

Ia mengaku bahwa pihaknya sudah siap jika perpustakaan tersebut akan diresmikan.

Namun kata dia, masih ada pembenahan yang harus dilakukan, sebab beberapa sarana yang baru dilengkapi. Misalnya, dari segi interior beberapa ruangan yang masih perlu dibenahi, kemudian dari segi penambahan koleksi buku.

“Tapi secara umum kami sudah siap,” katanya.

Nurlena membeberkan, selain pembenahan pihaknya juga masih kekurangan meja dan kursi. Sehingga untuk saat ini tengah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana tersebut.

“Selain itu, jika dilihat dengan jumlah penduduk yang ada, dengan koleksi buku Dinas Perpustakaan masih terbatas,” ungkapnya.

Sehingga, di tahun 2023 ini akan kembali dilakukan penambahan koleksi buku dan sementara dikerjakan oleh pihaknya sebelumnya dilayangkan.

“Tentunya, hal itu semua berkat Gubernur Sultra Ali Mazi yang sangat konsen pada kemajuan perpustakaan di Sultra. Termasuk sarana dan prasarana, kami kan sudah ada juga ruangan internet, tapi akan ditingkatkan kapasitasnya,” bebernya.

Diketahui, Perpustakaan Modern tersebut dilengkapi dengan sarana dan prasarana lainnya seperti halnya Loket, Online Public Accses Catalog (OPAC), koleksi referensi.

Kemudian dilantai dua, terdapat ruang anak, ruang lansia, dan ruang internet. Lantai tiga, bagian kiri dan kanan terdapat ruang baca.

Selanjutnya, dilantai empat ada ruang layanan deposit naskah kuno. Sementara untuk lantai lima dan enam difungsikan sebagai perkantoran.

Untuk diketahui, gedung Perpustakaan Modern tersebut rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada April 2023 mendatang bersamaan dengan dua proyek strategis Gubernur Sultra yakni jalan Kendari-Toronipa dan Rumah Sakit Jantung. (**)

Comment