Pemprov Sultra dan TNI/Polri Bersinergi Pantau Langsung Suasana Arus Mudik di Pelabuhan Kapal Malam Kendari 

KENDARI, EDISIINDONESIA.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) diwakili Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sultra, Hamim Imbu meninjau arus mudik lebaran di Pelabuhan Kapal Malam Kendari, Jum’at (5/4/2024) malam.

Dalam jumpa pers kasatpol PP Pemprov Sultra Hamim Imbu  menyampaikan arahan Pj Gubernur terkait langkah-langkah pemerintah mengenai melonjaknya penumpang agar tetap menjaga keselamatan, ketententraman  dan ketertiban.

Selanjutnya upaya untuk memfasilitasi para pemudik yang bepergian selama lebaran, misalnya petugas kesehatan atau pekerja penting lainnya pemerintah dan tim terpadu sudah ada pembagian disetiap tupoksi.

“Harapan gubernur mari bersama-sama selenggarakan mudik dengan baik, kalau ada gangguan segera melapor kepada stekholder yang terkait,” ujarnya .

“Terkhususnya untuk PNS mudik cukup lama hingga sampai tanggal 16 pesan Pak Gubernur agar dalam perjalanan mudik tetap selalu menjaga keselamatan dan tepat waktu,” tambahnya.

Lanjut ia menyampaikan, bahwa Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan KSOP menyiapkan kapal pertama Aksar Saputra 08 dengan kapasitas penumpang 335 dengan pemberangkatan pukul 20:00 wita.

Kemudian untuk kapal cadangan kapal Uki Raya  23 dengan kapasitas penumpan 320 orang, namun jika penumpang makin molanjak banyak akan disiapkan lagi armada Mekar Teratai dengan kapasitas penumpang 174 orang.

“Kemudian Polri terkait kamtibmas  telah mengutarakan sudah menyiapkan posko dipelabuhan nusantara  dengan jumlah sebanyak  21 personil serta dari pihak Polda sebanyak 29 persenil total keseluruhan sebanyak 50 personil,” bebernya.

“Angkatan Laut, bekerja sama menkoordinasikan kemanan disetiap pelabuhan penyebrangan dan masing-masing penyebrangan menyiapkan sebanyak  2 personil,” tutupnya. (**)

Comment